ORS dan Zinc

Diare adalah pengeluaran tinja/feses cair lebih dari tiga kali dalam 24 jam. Pada diare, konsistensi feses menjadi perhatian utama dibandingkan dengan frekuensi pengeluaran feses. Diare merupakan penyebab utama kematian pada anak di negara berkembang. 88% kematian karena diare dapat dicegah dengan pemberian ORS (Oral Rehydration Solution) dan suplemen Zinc (Zn). Selain diare, malnutrisi juga termasuk dalam lima besar penyebab kematian pada anak.

Pada Mei 2004, WHO dan UNICEF menandatangani kebijakan penatalaksanaan diare pada anak. Penatalaksanaan diare meliputi pemberian ORS (misal, oralit) dengan osmolaritas rendah untuk mengoreksi dan mencegah dehidrasi, suplemen Zinc (Zn) selama 10-14 hari untuk memperpendek durasi dan derajat keparahan diare, serta melanjutkan pemberian makanan.

ORS dengan Osmolaritas Rendah (Low Osmolarity ORS)

Beberapa studi menunjukkan bahwa efek pemberian ORS meningkat dengan pengurangan konsentrasi natrium hingga 75 mEq/l, glukosa hingga 75 mmol/l, dengan total osmilaritas 245 mOsm/l. ORS standar mengandung 90mEq/l natrium dengan total osmolaritas 311 mOsm/l, cenderung hiperosmolar dibandingkan dengan plasma, yang mungkin meningkatkan resiko hipernatremia atau meningkatkan pengeluran feses terutama pada bayi dan anak-anak. Manfaat pengurangan osmolaritas ORS antara lain mengurangi pengeluaran feses atau volume feses sekitar 25% dibandingkan dengan ORS sebelumnya, mengurangi muntah hampir 30%, mengurangi terapi intravena lebih dari 30%, aman dan efektif untuk kolera pada anak.

Suplemen Zinc (Zn)

Pada 2002, Who menetapkan kekurangan Zn sebagai salah satu resiko utama pada kesehatan anak. Kekurangan Zn diketahui sebagai penyebab hipogonadisme, hambatan pertumbuhan, dermatitis, menurunnya fungsi imun, dan meningkatkan infeksi. Dilaporkan bahwa kekurangan Zn berhubungan dengan diare (10%), saluran pernapasan bagian bawah (6%), dan malaria (18%).

Zinc merupakan mineral essential untuk pertumbuham sel, diferensiasi, dan sintesa DNA. Zinc mempunyai peranan penting pada perkembangan dan pemeliharaan sistem kekebalan.  Berhubungan dengan diare dan meningkatkan kehilangan zinc melalui feses, keseimbangan zinc negatif, rendahnya konsentrasi zinc dalam jaringan. Pemberian zinc juga dapat meningkatkan permeabilitas usus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Zn mampu mengurangi durasi diare akut (25%), durasi diare persisten (29%), kegagalan terapi atau kematian pada diare persisten (40%) dan disentri pada balita.Pada Joint Statement on Clinical Management of Acute Diarrhea, WHO dan UNICEF mendorong pemberian zinc pada terapi diare, yang dapat menurunkan durasi dan keparahan diare dengan signifikan dan akan menurunkan kejadian diare dalam 2-3 bulan setelah pemberian zinc jika diberikan selama 10-14 hari. Dosis zinc 10 mg/hari untuk bayi kurang dari 6 bulan dan 20 mg/hari untuk 6 bulan hingga 5 tahun. Efek samping yang dilaporkan selama pemberian zinc adalah muntah.

Sumber : WHO UNICEF ORS; Application for Inclusion of Zinc Sulfate in the WHO Model List of Essential Medicines.

About Aku Farmasis
A Hospital Staff at Department of Pharmacy, Dr. Saiful Anwar Hospital (RSSA), Malang – Indonesia (2008-present) : • A Secretary of Clinical Pharmacist Team in Antimicrobial Resistance Control Program (2009-present) • Pharmacist at Division of Infection, Department of Pediatrics ( February 2010-present) • Pharmacist at Obstetric Ward, Department of Obstetric and Gynecology (2009-January 2010) • Pharmacist at Division of Infection, Department of Pediatrics (2008-2009) Involved in DFID-DelPHE project (Department for International Development-Development of Partnership in Higher Education), between Faculty of Medicine Brawijaya University (Indonesia) and School of Pharmacy University of London (UK): Clinical Pharmacy Service Development for the Poorer Patients. A Quality Assurance Staff at PT. Ifars Pharm. Lab, Solo (2007) A Junior Pharmacist at Apotek Srii, Sidoarjo (2006)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: