Ca, Mg, Prostaglandin dan Preeklamsia

Komplikasi utama pada kehamilan antara lain hipertensi meliputi hipertensi kronik, hipertensi gestasional (PIH/Pregnancy-induced hypertension) dan preeklamsia, dan diabetes.

Diagnose hipertensi kronik berdasarkan riwayat hipertensi sebelum kehamilan atau peningkatan tekanan darah hingga minimal 140/90 mmHg pada usia kehamilan kurang dari 20 minggu. Sedangkan hipertensi gestasional didefinisikan sebagai peningkatan tekanan darah pada usia kehamilan lebih dari 20 minggu pada wanita yang tidak mengalami peningkatan tekanan darah sebelum kehamilan.

Preeklamsia merupakan komplikasi yang serius pada kehamilan. Preeklamsia didefinisikan sebagai peningkatan tahanan vaskular perifer, penurunan curah jantung, penurunan volume plasma dan penurunan kecepatan filtrasi glomerolus disertai retensi garam dan air.

Kalsium (Ca), Magnesium (Mg) dan Preeklamsia.

Penelitian pada beberapa individu menunjukkan bahwa rendahnya kalsium serum berperan dalam meningkatnya tekanan darah dan preeklamsia pada wanita hamil. Beberapa peneliti menyebutkan pemberian kalsium selama kehamilan dapat mencegah preeklamsia dengan menjaga kadar kalsium serum dan menstabilkan tekanan darah dengan menurunkan sistolik dan diastolik. Penelitian lain ada yang menyatakan pemberian kalsium tidak dapat mencegah terjadinya preeklamsia, namun pemberian kalsium yang cukup selama kehamilan penting bagi perkembangan janin.

Perubahan kadar serum magnesium juga berperan dalam terjadinya preeklamsia. Magnesium mengaktifkan sejumlah enzim, termasuk yang terlibat dalam transport dan integritas membran, kontraksi otot, vasodilatasi dan vasokonstriksi, serta koagulasi darah. Secara umum, magnesium menghambat kontraksi otot polos (jantung, arteri dan uterus) dan vasodilatasi.

Hipomagnesia berkaitan dengan peningkatan tekanan darah dan tahanan vaskular perifer. Rasio prostasiklin (vasodilator) terhadap tromboksan (vasokonstriktor) sangat berpengaruh pada rendahnya kadar magnesium serum.

Asupan protein, kalsium, fosfor atau vitamin D dapat meningkatkan kebutuhan magnesium karena magnesium dikeluarkan melalui urin. Untuk mencegah kemungkinan terjadinya hipomagnesia yang mengakibatkan preeklamsia, pastikan bahwa asupan makanan mengandung magnesium minimal 320 mg/hari, yang dapat dijumpai pada padi-padian, kacang, sayuran berwarna hijau dan produk kedelai.

Prostaglandin dan Preeklamsia

Asam lemak merupakan prekursor prostaglandin, senyawa yang mengatur berbagai fungsi dalam tubuh seperti produksi platelet, kekentalan platelet and kemampuan menjendal, konstriksi dan dilatasi arteri serta fungsi kekebalan.

Timbulnya preeklamsia dikarenakan gangguan pada rasio dua prostaglansin, yaitu prostasiklin dan tromboksan. Prostasiklin I2 (PGI2) adalah vasodilator poten yang diproduksi oleh sel endotel vascular (arteri, vena). Sintesa prostasiklin meningkat pada awal kehamilan. Tromboksan (TXA2), vasokontriktor poten yang diproduksi dari asam lemak omega-6 oleh platelet, juga meningkat selama kehamilan. Keseimbangan antara dua prostaglandin tersebut mencegah terlalu tinggi atau terlalu rendahnya vasokonstriksi atau vasodilatasi.

Wanita hamil yang beresiko preeklamsia memiliki peningkatan produksi prostasiklin terkecil dibandingkan wanita hamil lainnya, disaat produksi TXA2 terus meningkat.

Penurunan PGI2 secara tidak langsung mengakibatkan munculnya gejala preeklamsia, dengan mengubah sensifitas jaringan terhadap senyawa vasoaktif seperti angiotensin II, atau dengan mengubah perbandingan PGI2 dan TXA2. Peningkatan vasokonstriksi membuat jantung bekerja lebih berat memompa darah sehingga meningkatkan tekanan darah.

Trigliserida serum meningkat pada preeklamsia sebagai asam lemak bebas, yang kembali normal dalam 48 jam setelah persalinan. Platelet pada preeklamsia mempunyai lebih banyak asam lemak tak jenuh. Hal ini bermakna karena TXA2 diproduksi dari asam lemak tak jenuh omega-6. Jumlah yang berlebih dari asam lemak tersebut akan mengakibatkan peningkatan produksi TXA2, yang meningkatkan tekanan darah.

Prostaglandin yang diproduksi dari asam lemak omega-3 menghasilkan sedikit prostaglandin dan mengubah perbandingan prostasiklin-TXA2. Ketika sel diperintahkan  untuk memproduksi tromboksan, substrat adalah asam lemak omega-3, sel  menghasilkan TXA3. Bila TXA2 adalah vasokonstriktor, TXA3 tidak. Hasil akhir adalah rendahnya vasokonstriksi arteri.

Penanganan preeklamsia dengan pengurangan natrium dan diuretik dapat lebih berbahaya. Faktanya, pembatasan penggunaan garam dapat mengurangi asupan lemak, protein dan kalsium, juga cenderung mengurangi asupan energi, membatasi kenaikan berat badan maternak, dan mengurangi.

Penatalaksanaan preeklamsia cukup sederhana, yaitu diet seimbang, asam lemak omega-3 yang cukup, mengurangi aktivitas, rutin memantau tekanan darah dan urin, berbaring dengan posisi miring ke kiri yang dapat mengurangi tekanan janin pada organ vital dan mendorong diuresis. Posisi ini dapat menurunkan tekanan darah tanpa intervensi lain.

Sumber : NUTRITION FOR WOMEN PART I: Sexual and Reproductive Health

About Aku Farmasis
A Hospital Staff at Department of Pharmacy, Dr. Saiful Anwar Hospital (RSSA), Malang – Indonesia (2008-present) : • A Secretary of Clinical Pharmacist Team in Antimicrobial Resistance Control Program (2009-present) • Pharmacist at Division of Infection, Department of Pediatrics ( February 2010-present) • Pharmacist at Obstetric Ward, Department of Obstetric and Gynecology (2009-January 2010) • Pharmacist at Division of Infection, Department of Pediatrics (2008-2009) Involved in DFID-DelPHE project (Department for International Development-Development of Partnership in Higher Education), between Faculty of Medicine Brawijaya University (Indonesia) and School of Pharmacy University of London (UK): Clinical Pharmacy Service Development for the Poorer Patients. A Quality Assurance Staff at PT. Ifars Pharm. Lab, Solo (2007) A Junior Pharmacist at Apotek Srii, Sidoarjo (2006)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: