Ibrahim

Pagi ini (28/8/2008) aku dikejutkan dengan berita meninggalnya Ibrahim. Dia pasienku di ruang neurologi, dengan diagnosa status epileptikus, multiple infarct cerebral dan obesitas.

Ternyata pertemuanku dengan Ibra kemarin siang adalah yang terakhir kalinya. Jujur aja berita tersebut membuatku terdiam sejenak karena mengingat kondisinya yang tanpa keluhan. Waktu aku visite, ibunya mengatakan bahwa Ibra sakit perut seperti mulas, dan Ibra menjawab sama ketika aku menanyakan apakah perutnya sakit dan keras sekali. Kondisi tersebut sudah aku sampaikan ke dokter yang merawatnya.

Siang itu ketika aku akan mengecek pasien Ridho, aku melihat Ibra tiduran di tengah jalan. Tidakada orang yang bisa mengajak dia masuk ke ruangan karena ibunya sudah kewalahan dengan polah Ibra. Akhirnya setelah aku ajak bicara, dia mau masuk ke ruangan bersama aku. Tidak lama kemudian dia keluar lagi, duduk di dekat lorong. Dia nggak mau masuk meskipun sudah aku bujuk. Ini tidak seperti biasanya.

Malamnya dia masuk HND dengan keluhan hematemesis profus tanpa henti. Obat yang dimungkinkan menyebabkan bleeding dihentikan, dilakukan resusitasi dua kali, syok baru dapat teratasi. Namun setelah itu, kondisinya langsung memburuk dan akhirnya meninggal.

Pagi ini aku coba konfirmasi dokter yang merawatnya dan mendapatkan jawaban dimungkinkan penyebab hematemesis adalah varises esofagus bila melihat kondisi hematemesisnya. Untuk memastikannya harus dilakukan otopsi. Namun jenazah pasien sudah dibawa pulang oleh keluarganya untuk dimakamkan. Sampai saat ini penyebab hematemesisnya masih menjadi teka-teki.

Semoga keluarganya, terutama ibunya, diberi ketabahan sebagaimana selama ini ikhlas merawat Ibra dengan penuh kesabaran, dan arwahnya diterima Allah SWT.

Selamat jalan adekku…

About Aku Farmasis
A Hospital Staff at Department of Pharmacy, Dr. Saiful Anwar Hospital (RSSA), Malang – Indonesia (2008-present) : • A Secretary of Clinical Pharmacist Team in Antimicrobial Resistance Control Program (2009-present) • Pharmacist at Division of Infection, Department of Pediatrics ( February 2010-present) • Pharmacist at Obstetric Ward, Department of Obstetric and Gynecology (2009-January 2010) • Pharmacist at Division of Infection, Department of Pediatrics (2008-2009) Involved in DFID-DelPHE project (Department for International Development-Development of Partnership in Higher Education), between Faculty of Medicine Brawijaya University (Indonesia) and School of Pharmacy University of London (UK): Clinical Pharmacy Service Development for the Poorer Patients. A Quality Assurance Staff at PT. Ifars Pharm. Lab, Solo (2007) A Junior Pharmacist at Apotek Srii, Sidoarjo (2006)

Leave a Reply

