Khusnul dan Fitri

Dua hari berturut-turut, satu per satu pasienku meninggal dunia. Khusnul, pasien ALL, meninggal pada hari senin, 25/8/2008 jam 5 pagi dan Fitri, pasien Meningoensefalitis TB, meninggal hari selasa, 26/8/2008 jam 8 pagi. Sebelum meninggal, kondisi mereka bisa dikatakan tanpa keluhan dan berubah menjadi kritis pada sore/malam harinya. Mereka adalah pasien ASKESKIN.

Khusnul merupakan pasien ALL relaps, yang MRS lagi sejak sekitar 2 minggu yang lalu. Dia MRS sudah dalam kondisi yang lemah dibandingkan dengan kondisi terakhir saat KRS. Selama rentang waktu antara KRS dan MRS berikutnya dia rutin kontrol ke poli. Ketika waktunya kemoterapi, dia tidak datang karena tidak memiliki biaya untuk membeli obat kemo tersebut. Sejak MRS, kondisinya sempat drop yang mengharuskan dia masuk HND. Setelah beberapa hari di HND, kondisinya membaik tapi masih lemah. Khusnul yang aku kenal, tidak lagi seceria dulu, yang cuek dengan kondisinya. Aku memahami hal itu karena aku dapat melihat bahwa dia merasakan sakit yang teramat. Membaiknya kondisi berubah menjadi drop ketika sabtu sore dia mengalami perdarahan pada otaknya. Menurut hasil CT-scan dia mengalami stroke. Sejak itulah kondisinya makin memburuk. Perjuangannya hanya sampai pada jam 5 pagi.

Lain lagi tentang Fitri. Fitri didiagnosa TB Meningoensefalitis. Sejak dia MRS sampai meninggal, aku mengikuti perkembangannya.  Aku mengetahui latar belakang keluarganya yang notabene adalah keluarga tidak mampu. Bahkan untuk membeli antibiotika yang disarankan oleh dokternya, orang tuanya hendak menjual rumah karena barang-barang dirumah telah habis terjual untuk membeli obat-obatan. Seperti khusnul, kondisinya juga naik turun tapi tidak masuk HND. Senin malam kondisinya kritis karena apnoe.

Aku turut berduka cita atas meninggalnya Khusnul dan Fitri. Aku berdoa agar mereka diberikan tempat yang terbaik dan ketabahan bagi keluarga yang ditinggalkan. Mereka adalah orang-orang hebat yang sanggup menghadapi cobaan hidup dengan ikhlas.

About Aku Farmasis
A Hospital Staff at Department of Pharmacy, Dr. Saiful Anwar Hospital (RSSA), Malang – Indonesia (2008-present) : • A Secretary of Clinical Pharmacist Team in Antimicrobial Resistance Control Program (2009-present) • Pharmacist at Division of Infection, Department of Pediatrics ( February 2010-present) • Pharmacist at Obstetric Ward, Department of Obstetric and Gynecology (2009-January 2010) • Pharmacist at Division of Infection, Department of Pediatrics (2008-2009) Involved in DFID-DelPHE project (Department for International Development-Development of Partnership in Higher Education), between Faculty of Medicine Brawijaya University (Indonesia) and School of Pharmacy University of London (UK): Clinical Pharmacy Service Development for the Poorer Patients. A Quality Assurance Staff at PT. Ifars Pharm. Lab, Solo (2007) A Junior Pharmacist at Apotek Srii, Sidoarjo (2006)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: