Nyasar

Nyasar adalah kata yang tepat untuk menceritakan tentang diriku. Kebanyakan dari teman-temanku mengatakan bahwa aku nyasar untuk sampai pada kondisi saat ini.

Pertama, nyasar masuk fakultas farmasi meskipun hati kecilku menginginkan menjadi psikologi (sekarang jadi Pharmacist dengan hati Psychologist). Kedua, nyasar ke Laboratorium Kimia Medisinal yang ternyata pada akhirnya aku menyukai mata kuliah tersebut. Bahkan karena sakingnya, membuatku betah untuk berlama-lama berada di laboratorium tersebut padahal sebelumnya aku selalu langsung out alias cabut dari kampus setelah kuliah selesai. Dan yang ketiga adalah kerja di RS padahal aku selalu berusaha untuk menghindari segala hal yang berhubungan dengan RS ketika masih kuliah di farmasi. Dengan kata lain, aku alergi dengan RS, hehehe. Namun sekarang keadaan berubah 180°, justru pekerjaan saat inilah yang benar-benar dapat aku nikmati.

Thinking outside of box mungkin adalah penyebab utama dari setiap “nyasar”ku. Pemikiran tersebut selalu tercetus karena aku berada dalam situasi yang stagnan, terdesak, menginginkan suatu tantangan dan bahkan karena keisenganku. Selain itu, thinking outside of box membantuku untuk membuktikan bahwa everything is possible selama aku percaya dan mau berusaha mencapainya.

Sebagai contoh, ketika memutuskan untuk bekerja di RS. Berawal dari kejenuhanku selama berada di industri karena kondisi yang stagnan atau kurangnya tantangan yang bisa membuatku untuk memeras tenaga dan pikiranku, kurang luasnya pergaulan dan apa yang telah aku lakukan kurang terasa manfaatnya bagi orang lain. Akhirnya keluarlah keisenganku untuk melamar pekerjaan di RS.

Setelah menunggu lama, datanglah kesempatan tersebut. Banyak yang bilang bahwa tidak mungkin “anak industri” bisa bekerja di RS karena ilmu yang dimiliki kurang mendukung. Tapi aku cuek dengan anggapan mereka karena fokus utamaku ingin mengamalkan ilmuku (dengan caraku) dan pastinya ingin mendapatkan ilmu lebih banyak supaya bisa berbuat lebih banyak lain untuk orang lain. Dari beberapa pekerjaan yang pernah aku lakukan, bekerja di RS yang benar-benar aku nikmati.

Ternyata nyasar itu juga dapat membawa kita pada keberuntungan. Aku tidak tahu akan nyasar kemana lagi setelah nyasar ke RS. Yang pasti, aku menunggu nyasar berikutnya… ^_^

About Aku Farmasis
A Hospital Staff at Department of Pharmacy, Dr. Saiful Anwar Hospital (RSSA), Malang – Indonesia (2008-present) : • A Secretary of Clinical Pharmacist Team in Antimicrobial Resistance Control Program (2009-present) • Pharmacist at Division of Infection, Department of Pediatrics ( February 2010-present) • Pharmacist at Obstetric Ward, Department of Obstetric and Gynecology (2009-January 2010) • Pharmacist at Division of Infection, Department of Pediatrics (2008-2009) Involved in DFID-DelPHE project (Department for International Development-Development of Partnership in Higher Education), between Faculty of Medicine Brawijaya University (Indonesia) and School of Pharmacy University of London (UK): Clinical Pharmacy Service Development for the Poorer Patients. A Quality Assurance Staff at PT. Ifars Pharm. Lab, Solo (2007) A Junior Pharmacist at Apotek Srii, Sidoarjo (2006)

Leave a Reply

